ENVIRONMENT

Rosna, Wanita Pertama Asal Maluku yang Taklukan Carstensz

SIBERLING.com, JAKARTA –  “Mama semoga selamat sampai ke tujuan dan semoga bisa kembali lagi dengan selamat’ Ungkapan di atas adalah doa dari anak bungsu Rosna Pesilette sebelum mendaki dan menaklukan Puncak Carstensz, di Pegunungan Jaya Wijaya, Papua.

Dengan doa itu, Rosna pun menjadi perempuan pertama asal Maluku yang menaklukan Puncak Carstensz, puncak gunung tertinggi di Indonesia. “Anak saya yang bungsu sempat berdoa dan bilang ke saya saat akan ke luar, ‘mama semoga selamat sampai ke tujuan dan semoga bisa kembali lagi dengan selamat’,” kata Rosna, panggilan akrab ibu dua anak itu.

Rosna mengakui, untuk mewujudukan cita-citanya menaklukkan puncak Carstensz bukanlah perkara mudah baginya. Dukungan keluarga dan teman-temannya menjadikan perjuangannya seakan mudah untuk dihadapi. Hal itu pun sangat terasa saat dirinya harus berpisah untuk sementara waktu dengan keluarga dan kedua anaknya Tak ada rasa beban sedikit pun saat harus meninggalkan suami dan kedua buah hatinya tersebut.

Sementara itu, mendaki puncak gunung tinggi adalah hal yang akrab dilakukan Rosna. Sebelum berhasil mencapai puncak Carstensz, dirinya mengaku telah menaklukan enam puncak tinggi lainnya di Indonesia, yakni Rinjani di Nusa Tenggara Timur, Kerinci di Sumatera, dan Bukit Raya di Kalimantan pada 2017.

Lalu di tahun berikutnya, Rosna juga menuntaskan misi pendakian puncak Semeru di Jawa, Latimojong di Sulawesi, Rinjani tertinggi di Nusa Tenggara, dan Puncak Binaya yang merupakan puncak tertinggi di Kepulauan Maluku. “Berada di atas puncak Carstensz Pyramid membuat saya sangat terharu, bahagia dan senang sekali,” kata Rosna, Kamis malam (19/9/2019).

Seperti diketahui, pada Kamis malam (19/9/2019), perempuan asal Namlea, Kabupaten Buru, Maluku, menceritakan, ,berulang kali sujud syukur di atas puncak yang tingginya mencapai 4.884 mdpl. Saat itu, dirinya bersujud dan berdoa untuk keluarganya di kampung halaman. (dan)

 

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker