NASIONAL

BMKG : Gempa Cilacap 5,7 SR Tidak Berpotensi Tsunami

SIBERLING.COM JATENG — Gempa tektonik berkekuatan 5,7 Skala Richter yang mengguncang Cilacap dan sekitarnya pada Ahad (9/6) dengan Pusat gempa berlokasi di laut pada jarak 107 km arah selatan Kota Cilacap, Kabupaten Cilacap, Propinsi Jawa Tengah pada kedalaman 64 km tidak berpotensi tsunami. Hal tersebut disampaikan langsung Kepala Pusat Gempa bumi dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono dalam keterangan tertulisnya.

“Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi tidak berpotensi tsunami,” ujar Rahmat  seperti dikutip dari Gatra.com, Senin ( 10/6/19).

Rahmat menyebut guncangan gempabumi ini dilaporkan dirasakan di daerah Jawa Barat di Pangandaran dan Ciamis, serta Jawa Tengah dari Cilacap hingga Kebumen.

Lihat Juga  Gempa M 4,7 Terjadi di Pulau Panjang NTB

Selain itu, Gempa tersebut terjadi diakibatkan oleh aktivitas lempeng Indo-australia dan Lempeng Eurasia.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, tampak bahwa gempabumi berkedalaman menengah ini diakibatkan oleh aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia yang menyusup ke bawah Lempang Eurasia,” kata Rahmat.

Rahmat juga mengimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Editor : Saputra Fatih

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close