ENVIRONMENT

20 Desa Terpapar Abu Vulkanik Gunung Sinabung

SIBERLING.com, KARO – Gunung Sinabung di Kabupaten Tanah Karo, Sumatera Utara (Sumut), meletus pukul 16.28 WIB, Ahad (9/6). Sebanyak 20 desa di tiga kecamatan di Karo terpapar abu vulkanik.

Badan Penanganan Bencana Daerah (BPBD) Karo mengonfirmasi sebaran abu vulkanik Sinabung telah mencapai 20 km ke arah Tenggara terutama ke Kecamatan Tiga Binanga, Kecamatan Payung dan Kecamatan Naman Teran.

“Selain Tiga Binanga, dua kecamatan lainnya juga terpapar cukup parah yakni Kecamatan Payung dan Kecamatan Naman Teran yang berjarak hanya 5 km dari puncak gunung. Di dua kecamatan ini, hujan abu yang terpantau cukup tebal,” kata Kepala Bidang Darurat dan Logistik BPBD Kabupaten Karo, Natanail Perangin-angin, Ahad (9/6).

Lihat Juga  G20 Sepakati Kerangka Kerja Baru Mengurangi Sampah Plastik

Hujan abu yang melanda Kecamatan Tiga Binanga masih tipis. Namun, dengan arah angin cukup kencang ke arah Tenggara, sebaran abu diperkirakan akan semakin tebal dan menjangkau daerah yang lebih jauh. “Sebaran abu juga mulai terjadi di daerah Berastagi, meski tak terlalu tebal,” urai Natanail.

Masyarakat dan wisatawan juga telah diimbau agar tidak melakukan aktivitas pada desa-desa yang sudah direlokasi, serta lokasi di dalam radius 3 km dari puncak Sinabung, serta radius sektoral 5 km untuk sektor Tenggara, dan 4 km untuk sektor Timur Laut.

BPBD saat ini telah membagikan masker kepada masyarakat di sejumlah desa di Kecamatan Payung dan Naman Teran. Dua kecamatan ini memang merupakan lokasi yang paling parah terpapar abu vulkanik. “Kami juga sudah melakukan penyiraman di beberapa titik agar abu tidak beterbangan,” jelasnya.

Lihat Juga  Ambrasi Sepanjang 300 Meter, Pantai Muaro Lasak Butuh Perhatian

Masyarakat juga diimbau untuk tetap waspada dan tidak panik yang justru bisa membuat situasi jadi tak kondusif. “Kami juga mengimbau masyarakat untuk mencari informasi dari sumber-sumber terpercaya,” ucapnya. (aza)

 

 

 

 

Editor : Kawara Meliala

 

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close