NASIONAL

Mudik Lebaran, 1,2 Juta Kendaraan Tinggalkan Ibu Kota

SIBERLING.com, JAKARTA  – PT Jasa Marga mencatat total 1.216.859 kendaraan meninggalkan Jakarta ke arah timur, selatan, dan barat selama musim mudik tahun ini. Jumlah tersebut terhitung dari H-7 sampai H-1 lebaran, atau dari kurun 29 Mei hingga 4 Juni 2019.

Corporate Communication Department Head PT Jasa Marga, Irra Susiyanti memaparkan, angka tersebut relatif bertambah cukup signifikan dari rata-rata lalu lintas harian. “Angka ini naik sebesar 26 persen dari lalu lintas harian rata-rata (LHR) normal sebesar 963.065 kendaraan,” ungkapnya melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu (5/6).

Arah timur jadi tujuan utama pemudik yang meninggalkan Ibu Kota selama sepekan terakhir, dengan distribusi sebesar 57 persen. Tujuan terbanyak berikutnya disusul arah barat dengan distribusi sebanyak 25 persen, lalu arah selatan dengan 18 persen kendaraan. Gerbang Tol Cikampek Utama menjadi gerbang tol yang paling banyak dilalui kendaraan yang mudik menuju ke Jawa Barat, Jawa Tengah, maupun Jawa Timur.

Lihat Juga  Gempa M 4,7 Terjadi di Pulau Panjang NTB

“Gerbang Tol Cikampek Utama dengan jumlah 477.280 kendaraan, naik sebesar 194,49 persen dari lalu lintas harian normal sebanyak 162.071 kendaraan,” katanya.

Menurut dia, realisasi kendaraan pemudik yang melewati tol PT Jasa Marga mencapai 94 persen dari prediksi volume lalu lintas yang akan meninggalkan Jakarta menuju ketiga arah tersebut. Angkanya diperkirakan mencapai angka 1,29 juta kendaraan.

Dia menuturkan, saat ini masih tersisa sekira 79.000 kendaraan yang akan bepergian dari prediksi jumlah kendaraan yang akan meninggalkan Ibu Kota melalui tol PT Jasa Marga. “Sisa (79.000) itu mencakup 6 persen dari prediksi total kendaraan yang akan meninggalkan Jakarta,” ujarnya. (aij)

 

 

 

 

Lihat Juga  Gempa M 4,7 Terjadi di Pulau Panjang NTB

Editor : Kawara Meliala

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close