OLAH RAGA

Juara Liga Champions, 14 Tahun Penantian Liverpool Terbayar Lunas

SIBERLING.com, LONDON  – Liverpool akhirnya didapuk sebagai juara Liga Champions musim 2018/2019. Anak asuh Juergen Klopp ini sukses menundukkan tim Inggris lainnya Tottenham Hotspur dengan skor 2-0 di Final Liga Champions yang digelar di Estadio Wanda Metropolitano, Ahad (2/6). The Reds berhasil unggul berkat gol cepat Mohamed Salah. Winger asal Mesir itu sukses menjaringkan si kulit bundar kala pertandingan baru berjalan 2 menit melalui titik putih.

Nahas bagi Spurs, umpan lambung Sadio Mane mengenai tangan Moussa Sissoko di kotak terlarang Tottenham. Pengadil lapangan menghukum anak asuh Mauricio Roberto Pochettino Trossero itu dengan penalti. ‘Hadiah’ ini dieksekusi oleh Mohamed Salah dengan baik. Sepakan Mo Salah gagal diantisipasi oleh Hugo Lloris, 1-0 keunggulan bagi Liverpool.

Gol cepat ini membuat Liverpool makin semangat untuk menciptakan tambahan poin. Namun Spurs bukan tim kacangan, Harry Kane dkk bahu membahu balik menyerang pertahanan Liverpool, namun berbagai upaya tak juga membuahkan hasil. Skor 1-0 bertahan hingga turun minum.

Lihat Juga  Piala Gubernur U20 Diharapkan Cetak Pemain Sepak Bola Handal

Memasuki babak kedua masing-masing tim saling berganti menyerang pertahanan lawan. Beberapa peluang tercipta bagi Tottenham namun pertahanan Liverpool berhasil mementahkan semuanya.

Justru menjelang akhir babak kedua, Liverpool berhasil menggandakan keunggulan mereka. Pemain pengganti, Divock Origi ganti mencatatkan namanya di papan skor setelah tembakan mendatarnya gagal dijangkau oleh Hugo Lloris.

Dengan kemenangan ini The Reds sukses memboyong gelar ke-6 Liga Champions (sebelumnya Piala Champions UEFA), sekaligus membuat tim asal kota Liverpool ini menjadi tim Inggris dengan koleksi gelar terbanyak ajang laga klub papan atas Eropa tersebut. Liverpool sukses lepas dari kutukan setelah gagal di final Liga Champions tahun lalu.

Bagi Tottenham Hotspur, meski gagal dan hanya menjadi runner-up di Liga Champions namun ini merupakan prestasi membanggakan bagi mereka. Pasalnya, ini adalah final kompetisi Eropa yang pertama untuk mereka sejak tampil di laga puncak Piala UEFA 1984.

Lihat Juga  Piala Gubernur U20 Diharapkan Cetak Pemain Sepak Bola Handal

Sementara bagi Liverpool trofi Liga Champions ini menjadi pemuas dahaga setelah 14 tahun penantian, sekaligus pelipur lara setelah gagal menjuarai liga domestik. Hasil ini seakan menebus kegagalan Liverpool di musim lalu saat dikalahkan Real Madrid 1-3 dalam laga final di Kiev.

Juergen Klopp sukses membawa The Reds meraih gelar juara Liga Champions pertamanya setelah terakhir kali memenanginya pada musim 2004/05 ketika menundukkan AC Milan lewat comeback sensasional yang diakhiri dengan adu penalti. (epj)

 

 

 

 

 

Editor : Kawara Meliala

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close