KINERJA

Sidak Jual Bahan Berbahaya, Tindak Tegas Produsen Nakal

SIBERLING.com, PALEMBANG – Pemerintah Kota Palembang Bersama Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BB POM) kembali mengadakan sidak pasar. Kali ini sidak dilaksanakan di Pasar Kebon Semai, di Jl. Mayor Salim Batubara, Sekip Jaya, Kecamatan Kemuning, Selasa (28/5/2019).

Fitrianti mengatakan, sidak dilakukan untuk memberikan kenyamanan kepada masyarakat. “Sidak kita ini untuk mengontrol stabilitas harga barang pangan dan mencegah penjualan makanan yang mengandung zat berbahaya,” ujar Fitrianti.

Dalam kegiatan itu, pihaknya menemukan beberapa jenis makanan yang menggunakan bahan berbahaya. “Di Pasar Kebon Semai ini masih banyak ditemukan mi mengandung formalin. Kami juga menemukan kerupuk yang mengandung zat pewarna tekstil,” kata Fitrianti.

Ia menegaskan Pemkot Palembang tidak akan sungkan-sungkan menindak produsen yang menggunakan bahan berbahaya. Semisal formalin, boraks, dan laimnya. “Sudah ada beberapa produsen yang telah kita berikan tuntutan hukum dan sedang ke tahap persidangan,” Fitrianti menyebutkan.

Sementara itu, Kabid Pemeriksaan BB POM Palembang, Aquirina Leonara menjelaskan terkait hasil sampel yang diambil di Pasar Kebon Semai. “Ada 33 sampel yang kami ambil, dari sejumlah itu kami menemukan 3 produk mi mengandung formalin dan 1 kerupuk yang mengandung pewarna tekstil,” ujar Aquirina.

Ia juga menjelaskan terkait bahan pangan yang mengandung zat berbahaya. “Kami memiliki contoh bahan pangan yang mengandung bahan berbahaya, seperti mi yang mengandung formalin. bisa dilihat berdasarkan dari bentuk mi tersebut. Bila ditarik, mi akan cenderung kenyal dan elastis dan apabila digenggam akan cenderung kembali ke bentuk asalnya,” kata Aquirina.

Jika memakan makanan yang mengandung zat berbahaya seperti ini, kata Aquirina, dalam jangka panjang dan dalam kadar tertentu akan merugikan kesehatan. Dampaknya memang tidak langsung, ini bertahap karena reaksi tiap orang berbeda-beda.” (ikm)

 

 

 

 

Editor : Kawara Meliala

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker