GO GREEN

Hujan Abu dan Pasir Gunung Agung Landa Karangasem

SIBERLING.com, DENPASAR – Akibat letusan Gunung Agung di Kabupaten Karangasem pada Jumat (24/5) lalu sebanyak 9 desa di sekitarnya terkena hujan abu dan pasir. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karangasem melaporkan 9 desa yang terdampak yakni di Pempatan, Besakih, Menanga, Sebud,  Muncan, Amerta Bhuana, Nongan, dan Rendang.

Secara rinci dusun-dusun di 9 desar yang terdampak itu mencakup Desa Pempatan yang terdiri dari Dusun Pura Gae, Pemuteran. Desa Besakih terdiri dari Dusun Temukus, Angsoka, Kesimpar, Dusun Besakih Kangin. Lalu Desa Menanga: Dusun Belatung, Pejeng, Menange. Desa Sebudi: Telung Bhuana, Pura, Lebih, Badeg Dukuh, Sogra, Sebun, Sebudi, Bukit Galah. Desa Muncan, Desa Amerta Bhuana, Desa Nongan, dan Desa Rendang.

Laporan BPBD menyebutkan titik api masih terlihat membakar semak belukar di puncak Gunung Agung. Adapun BPBD Bangli melaporkan hujan abu turun dengan intesitas tebal. Hujan abu terpantau di tiga kecamatan yaitu Kecamatan Tembuku di Desa Bangbang, Desa Jehem, Desa Peninjoan, Desa Yangapi. Kemdian Kecamatan Bangli yaitu di Desa Landih, Desa Pengotan, Desa Kayubihi, Kel.Kubu, Kel.Cempaga, Kel.Kawan.

Lalu, di Kecamatan Susut : Desa Susut, Desa Demulih. Hingga kini saat berita ini ditulis, Status Gunung Agung tetap Siaga (level III) dengan rekomendasi masyarakat/pendaki dan wisatawan dilarang melakukan aktivitas di dalam radius 4 km dari puncak. (ijr)

 

 

 

 

Editor : Kawara Meliala

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close