ENVIRONMENT

BMKG Minta Masyarakat Tingkatkan Kewaspadaan

Terutama Cuaca Ektrem Laut

SIBERLING.COM PALEMBANG — Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG)  mengingatkan masyarakat dan penumpang kapal laut agar selalu waspada, terutama bila terjadi cuaca ekstrem. Hal tersebut disampaikan langsung Kepala BMKG Dwikorita Karnawati di Palembang, Jumat (24/5/19).

“Peralihan musim biasanya sering terjadi cuaca ekstrem sehingga harus selalu waspada. Apalagi cuaca ekstrem datangnya tidak dapat diduga-duga sehingga kewaspadaan harus terus ditingkatkan,” ujarnya seraya menyebut alat deteksi dini yang dimiliki BMKG saat ini hanya mampu mendeteksi cuaca ekstrim tersebut tiga jam sebelum kejadian.

Sehubungan itu, lanjut Dwikorita pihaknya akan selalu siaga lima hari sebelum Lebaran dan 14 hari setelah Idul Fitri.Langkah tersebut sangat perlu, untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak di inginkan mengingat diwaktu –waktu itu rutinitas masyarakat akan ramai karena kesibukan pulang –pergi pra maupun pasca lebaran.

“Gelombang tinggi bisa saja terjadi antara lain kepulauan Mentawai, Papua, termasuk wilayah Bengkulu, seperti Pulau Enggano dan Nias,” tandasnya.

Editor : Saputra Fatih

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker