EKONOMI

Pertamina Bantah, kenaikan Harga Tiket Karena Harga Avtur Mahal

SIBERLING.COM JAKARTA – Kerap dituding sebagai penyebab mahalnya harga tiket pesawat, PT Pertamina (Persero) kembali menegaskan, avtur yang dijual perusahaan di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Cengkareng, adalah yang termurah jika dibandingkan dengan bandara lain.

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengatakan data tersebut valid karena saat ini semua avtur untuk maskapai Garuda Indonesia sediakan oleh Pertamina. Selain itu, BUMN migas tersebut juga melakukan pembaruan informasi setiap dua pekan sekali.

“Sekarang semua avtur untuk Garuda kami juga yang sediakan, artinya kami langsung deal dengan penghasil avtur di sana, kami bisa langsung bandingkan. Jadi harga avtur kami kompetitif,” tegas Nicke Selasa (14/5/2019).

Di samping itu, Nicke menjelaskan komponen pembentuk harga tiket pesawat yang sudah ditetapkan di mana kontribusi avtur pun hanya sekitar 27% dari total struktur biaya.

Lihat Juga  Sejahterakan Petani Karet, Ini Yang Dilakukan Pemkab Muba

“ Pertamina sudah tidak melakukan impor avtur mulai April 2019 lalu. Hal ini disebabkan, perusahaan telah mengoptimalkan kinerja kilang, termasuk di Plaju dan Cilacap untuk memproduksi avtur.Jadi jika dikaitkan kenaikan harga tiket pesawat dengan Pertamina, saya rasa itu sangat keliru. Silahkan tanya langsung ke maskapainya,” saran Nicke

Editor : Saputra Fatih

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close