GO GREEN

Peringati 70 Tahun Kerja Sama, Anies dan Dubes Inggris Tanam Pohon

SIBERLING.com, JAKARTA — Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan bersama Duta Besar Kerajaan Inggris untuk Indonesia, Moazzam Malik, menanam pohon kembang sepatu dea di halaman Museum Perumusan Naskah Proklamasi, Jl Imam Bonjol No. 1 Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (12/5).

Kegiatan yang dilakukan dalam rangka memperingati 70 tahun kerja sama bilateral Indonesia-Inggris ini juga dihadiri oleh perwakilan dari keluarga Proklamator Republik Indonesia, yaitu Meutia Farida Hatta Swasono, Duta Besar Jepang untuk Republik Indonesia Masafumi Ishii, dan Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Joseph R Donovan Jr. “Ini merupakan salah satu kehormatan bagi kami di Jakarta. Sebuah peringatan hubungan bilateral antara UK dan Indonesia,” ungkap Anies saat mengawali sambutannya.

Anies menjelaskan, pemilihan tempat peringatan hubungan bilateral kedua negara ini sangat relevan. Kawasan Menteng merupakan salah satu daerah yang paling banyak memiliki peristiwa bersejarah bagi Indonesia.

“Yang terpenting bagi kita adalah 70 tahun adalah perjalanan penuh kenangan dan pencapaian. Kami berharap, ke depan akan banyak kesempatan untuk bekerja sama dan akan memperkuat tidak hanya antar pemerintahnya, tapi juga hubungan antarwarga kedua negara,” imbuhnya.

Ia memaknai, penanaman pohon ini lebih dari sekadar tanda hubungan kuat Indonesia dengan Kerajaan Inggris. Namun, ini juga bagian dari kampanye untuk mengembalikan wajah Jakarta menjadi lebih hijau. Anies berharap ini memberikan pesan, bahwa hubungan Indonesia dengan Inggris akan menjadi kuat ke depan.

Gedung Museum Perumusan Naskah Proklamasi ini bernilai sejarah bagi Inggris dan Indonesia. Pemilihan gedung tersebut dengan kegiatan yang sama, yaitu penanaman pohon kembali bukan sekadar peristiwa bersejarah, namun juga upaya merayakan potensi dan harapan hubungan diplomatik kedua negara untuk masa depan.

Pada tanggal yang sama 82 tahun yang lalu, 12 Mei 1937, sebuah pohon telah ditanam Inggris di Gedung Museum Perumusan Naskah Proklamasi dalam rangka pengangkatan Raja George VI. Pohon tersebut kemudian menjadi salah satu simbol persahabatan antara Indonesia dan Inggris di depan bangunan yang digunakan sebagai kediaman perwakilan dari Inggris. (ass)

 

 

 

Editor : Kawara Meliala

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker