INTERNATIONAL

2030, Jepang Perkenalkan Alfa-X Kereta Tercepat di Dunia

SIBERLING.com, TOKYO — Jepang akan meluncurkan kereta tercepat di dunia pada tahun 2030, yang dijuluki Alfa-X, dengan kemampuan melaju hingga 360 kilometer per jam dan terdiri dari 10 gerbong. Laporan Daily Mail, kereta cepat, Alfa-X, yang telah mulai diuji hari Senin kemarin, memiliki desain yang atraktif dan dinamis. Uji coba dilaksanakan pada malam hari di mana jaringan kereta relatif sepi. Uji coba Alfa-X akan dilakukan selama dua kali dalam satu pekan.

“Kita akan meningkatkan bukan hanya kecepatan, bukan hanya keselamatan dan kenyamanan,” ucap Ichiro Ogawa, kepala pusat pengembangan dan penelitian JREast, kepada harian Mainichi. Alfa-X menandai tahapan baru pengembangan Shinkansen. Itu akan menjadi kereta paling cepat di masa depan.

Dengan memiliki model futuristik dengan 10 gerbong dan hidung lokomotif yang panjang sekitar 72 kaki, Alfa-X diklaim akan menjadi kereta paling cepat di dunia, mengalahkan kereta Fuxing China yang melaju 10 km per jam.

Kereta yang diproduksi Hitachi dan Kawasaki Heavy Industries itu juga didesain agar tidak anjlok dari rel saat gempa bumi terjadi, mengingat Jepang sebagai negara yang sering mengalami gempa. Tahun lalu Jepang melakukan uji coba kereta Shinkansen terbarunya N700S, yang akan beroperasi 2020 mendatang. Namun, kecepatan maksimal N700S mentok di angka 300 km/jam saja.

Jadwal uji coba Alfa- X ini bertepatan dengan persiapan Jepang dalam menyelenggarakan Olimpiade Musim Panas 2020 di Tokyo. Debut kereta peluru ini sama seperti event Olimpiade Tokyo 1964, yang kemudian menjadi simbol negara Sakura yang berfokus pada efisiensi dan realibilitas.

Sapporo, kota utama di wilayah Hokkaido, akan terhubung ke jaringan sangat cepat dan, jika kereta mencapai kecepatan yang ditetapkan, perjalanan antara Tokyo dan Sapporo akan singkat. Kereya ini, antinya diharapkan jadi babak baru bagi transportasi kereta cepat di Jepang dan seluruh dunia. (cak)

 

 

 

Editor : Kawara Meliala

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close