OLAH RAGA

Google Doodle Tampilkan Legenda Bulutangkis Indonesia

SIBERLING.com — Google Doodle hari ini Jumat (10/5) menampilkan sosok pebulutangkis yang sedang melakukan pukulan smash. Jika kursor Anda menyorot gambar tersebut maka akan terdapat tulisan Minarni Soedarjanto.

10 Mei 1944 adalah hari lahir Minarni yang merupakan salah satu jago bulutangkis Indonesia di masa lampau. Pebulutangkis putri yang mampu tampil di sektor tunggal dan ganda itu menjadi andalan Indonesia pada tahun akhir 1950-an hingga awal 1970-an.

Minarni disebut telah bergabung dengan pelatnas PBSI ketika menginjak 15 tahun. Wanita kelahiran Pasuruan, Jawa Timur, itu kemudian menjadi salah satu pebulutangkis elite Merah Putih, seperti layaknya Rudy Hartono.

Berbagai prestasi gemilang ditorehkan Minarni, baik di ajang perorangan maupun beregu. Di sektor ganda, Minarni sempat berpasangan dengan andalan Indonesia lainnya Retno Kustiyah.

Lihat Juga  Tim Bulutangkis Indonesia Lolos ke Semifinal Piala Sudirman

Salah satu penampilan impresif ditampilkan ketika menjadi juara pada tiga nomor berbeda di ajang Asian Games 1962. Berlaga di Istora Senayan, Minarni menjadi juara di sektor tunggal putri, ganda putri, dan membawa tim beregu putri Indonesia menyabet emas di arena multicabang tersebut.

Pada tahun yang sama, Minarni juga tercatat sebagai juara Asia pada kejuaraan yang dihelat di Kuala Lumpur.

Capaian mentereng lain yang digapai Minarni adalah menjadi juara All England pada 1968 bersama Retno. Pasangan Minarni/Retno tercatat sebagai ganda putri pertama Indonesia yang berjaya di turnamen bulutangkis tertua di dunia tersebut.

Sementara di ajang kejuaraan khusus beregu putri, Minarni pun menjadi salah satu sosok yang membawa bendera Indonesia berkibar untuk kali pertama di ajang Piala Uber pada 1975. Pada akhir kariernya, Minarni masih sanggup menyumbang poin dalam kemenangan Indonesia atas Jepang di laga final.

Lihat Juga  Tim Bulutangkis Indonesia Lolos ke Semifinal Piala Sudirman

Seperti dilansir CNN, Minarni juga tercatat pernah menjadi juara di turnamen-turnamen bulutangkis yang berlangsung di Malaysia, Singapura, Selandia Baru, Kanada, dan Amerika Serikat.

Minarni mengembuskan napas terakhir pada 14 Mei 2003 karena penyakit radang paru-paru dan liver. Beliau dimakamkan di TPU Tanah Kusir Jakarta Selatan.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close