EKONOMI

Bengkulu Menanti Pembangunan KEK, Siapa Pun Presidennya

SIBERLING.COM, BENGKULU – Mengingat hingga saat ini Komisi Pemilihan Umum (KPU) masih melakukan proses rekapitulasi perhitungan suara di setiap daerah.Pemerintah Provinsi Bengkulu berharap, Presiden RI terpilih nantinya dapat mendukung pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) agar bisa berjalan dengan baik dan lancar. Hal tersebut disampaikan langsung Kasubid Ekonomi dan Pembangunan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Bengkulu, Andre Mukti, Rabu (24/4/19).

Andre mengatakan, hingga saat ini sudah 15 syarat yang telah dipenuhi oleh Pemerintah Provinsi Bengkulu demi merealisasikan pembangunan KEK. Pemerintah dan PT Pelindo hanya tinggal menunggu 2 syarat lagi yang sedang dikaji oleh pihak Institut Teknologi Bogor (ITB).

“Kalau semua syarat sudah cukup maka nanti bisa diajukan ke Dewan KEK Nasional dan selanjutnya memplenokan hasilnya untuk diusulkan Keputusan Presiden (Kepres) ke Presiden,” kata Andre ssperti dikutip dari bengkuluekspress.com

Ia pun berujar, jika kepemimpinan RI kembali ke tangan Joko Widodo, maka kemungkinan Kepres tersebut akan segera dibuat. Hal ini mengingat Jokowi dan jajarannya telah meninjau lokasi pembangunan KEK di Pelabuhan Pulau Baai Kota Bengkulu. Bahkan Presiden RI ke 7 tersebut sudah memberikan restu untuk dibangun KEK di sana.

“Saya menilai siapapun presidennya pasti mendukung pembangunan KEK ini, tapi kita lihat saja nanti siapa presidennya,” ujar Andre.

Sementara itu, Pakar Ekonomi Universitas Bengkulu, Prof Kamaludin MM mengaku, KEK merupakan rencana strategis pemerintah untuk memajukan ekonomi daerah. Dengan terwujudnya KEK maka investasi yang masuk ke daerah juga akan tinggi.

“Pengembangan KEK itu baik bagi daerah, contohnya saja KEK Mandalika yang baru di bangun di NTB, nilai investasi yang masuk tembus Rp 17 triliun, Bengkulu juga bisa lebih dari itu, karena lahan di Pelindo itu luas,” tuturnya.

Kalau Presiden terpilih tidak bisa melanjutkan rencana pembangunan KEK, maka ekonomi di daerah juga akan melambat. Bahkan angka pengangguran diperkirakan juga akan ikut meningkat.

“Presiden terpilih harus peduli dengan keadaan daerah, itu harapan saya dan masyarakat Bengkulu,” pungkasnya.

Editor : Saputra Fatih.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker