EKONOMIGO GREENINTERNATIONALSUMSELSYARIAH

Hutan Mangrove OKI Butuh Perhatian

SIBERLING.COM, KAYUAGUNG.–  Perlindungan  Hutan Bakau (Mangrove) daerah aliran sungai di wilayah Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), kurang perhatian dari pemerintah setempat.  Hal itu dapat dilihat dari semakin hilangnya hutan bakau akibat  aliran sungai yang disebabkan oleh kebakaran hutan.

Paisal, Direktur Bakau Sumatera Selatan (Sumsel) kepada awak media, Selasa (5/2/19) mengatakan, berjalan dan bergantinya musim yang membuat Hutan Bakau  semakin hilang dari aliran sungai sangat besar pengaruhnya  disebabkan kebakaran hutan. Oleh sebab itu, pemerintah perlu untuk memperhatikan, mengawasi dan melestarikan lingkungannya.

“ Tentu kita prihatin atas apa yang terjadi, padahal jika dilhat dari pemberdayaan ekonomi masyarakat dan konservasi Hutan Bakau di Pesisir Pantai Timur dan sekitar wilayah pantai lainnya Hutan Bakau sangat membantu masyarakat. Ya secara ekonomi dapat meningkatkan produksi kepiting. Kan kepiting sangat suka berdiam disitu.  Secara konservasi , dapat menjaga keseimbangan alam,” terangnya.

Lihat Juga  Masjid Ramah Lingkungan Pertama di Eropa, Dibuka

“ Selain itu, kata Paisal Hutan Bakau  yang sehat dapat menjaga abrasi air laut, sehingga tidak mengganggu usaha tambak rakyat. Itu mengapa, pentingnya menjaga dan melestarikannya,’ tambahnya.

Sementara itu,  Adi Iskandar Wakil Ketua Jaringan Pendamping Kinerja Pemerintah (JPKP) Kabupaten Ogan Komering ilir (OKI)  menuturkan bahwa, Hutan Bakau adalah ekosistem esensial di dunia untuk menghasilkan perikanan dan konservasi. Oleh karena itu, sudah menjadi kewajiban kita semua untuk memastikan keberadaannya untuk tidak rusak atau hilang yang disebabkan berbagai macam iklim dan kenakalan dari segeliuntir orang.

” Rehabilitas perlu dilakukan untuk memulihkan kondisi ekosistem mangrove yang sudah rusak supaya fungsinya bisa kembali. Saya juga berharap adanya kepedulian pihak perusahaan yang ada di wilayah OKI agar dapat sedikit peduli. Kan bisa melalui CSR, mereka ada kok. ”  harapnya.

Lihat Juga  Sumsel Tuan Rumah  PTQ Tingkat Nasional Tahun 2020

.Editor : Abu Fatih Al Pasha

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close